Search

Sabtu, 23 Oktober 2010

Diposting oleh santri kuliah

Kontradiksi Kapitalis dan Spesifikasi Pasar Kerja Dunia Berdasarkan Gender
Gender sesungguhnya berkaitan dengan budaya. Oleh karena itu, wacana gender pada gilirannya merupakan sebuah fenomena yang melintasi batas-batas budaya. Gender merupakan produk budaya yang dibangun atas dasar ide bahwa secara fungsional terdapat dua kategori dalam masyarakat, yaitu; laki-laki dan perempuan.
Suatu kenyataan bahwa bahwa dalam bidang tertentu, pekerjaan wanita lebih terampil dan teliti mengerjakan pekerjaan yang biasa dikerjakan laki-laki. Di samping hasil kerjanya lebih halus, biaya tenaga kerjanya pun jauh lebih murah dibandin laki-laki. Oleh karena itu, banyak perusahaan besar cenderung memilih memeperkerjakan wanita untuk mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.
Gerakan wanita pada umumnya menggunakan tiga pendekatan yang menjadi prinsip dalam perjuangannya. Pertama, penekanan pada persamaan status social dan pertumbuhan ekonomi yang efisien. Kedua, integrasi penuh wanita dalam proses pembuatan keputusan. Ini berarti bahwa wanita harus dilibatkan penuh dalam perumusan-perumusan berbagai kebijakan public. Ketiga, menciptakan lingkungan global yang sportif. Wanita harus mendapat akses kebebesan yang sama dalam menentukan pilihan-pilihan, baik dalam kaitannya dengan aktivitas ekonomi maupun aktivitas-aktivitas lainnya

0 komentar: